Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



27/04/2024 02:25:31

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Inovasi Kodam II/Swj, Sulap Truk Rusak Berat Jadi Angkut Air Untuk Masyarakat
26/04/2024 08:03
Kodim 0420/Sarko Melaksanakan Apel Siaga Bencana Dilanjutkan Dengan Latihan Bersama BPBD dan Damkar
26/04/2024 07:59
Halal bihalal ala pendam II/Swj dengan Dinasperkim Sumsel
25/04/2024 14:56
Peringati Hari Kartini, Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Gelar Perlombaan Di SDN 008 Sempahyang
25/04/2024 09:19
Gelar Acara Gala Dinner, Indo Eng Coy Undang Seluruh Dankontingen Satgas Minusca
25/04/2024 08:27
Semarakkan HUT Yonif 143/TWEJ Gelar Festival Sepak Bola U10 & U12 Piala Danyon Cup
25/04/2024 08:22
Jembatan Putus, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak Sekolah Lewat Sungai
24/04/2024 08:37
Peduli Kebersihan, Satgas Yonif 200/BN Bersama Masyarakat Bersihkan Kampung
24/04/2024 08:30
Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel
24/04/2024 07:47
Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak-Anak Sekolah
23/04/2024 08:03
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

April 2024
MiSnSeRbKmJmSb
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    

BANTU TINGKATKAN PEREKONOMIAN, SATGAS PAMTAS YONIF R 142/KJ BERIKAN PELATIHAN TENTANG CARA MEMBUAT KERIPIK TOMAT KEPADA WARGA LAHURUS

Kamis, 06 Februari 2020 (16:16)

Palembang, (Pendam II/Swj)

BELU. yonifraider142.net - Personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Kantor Pelayanan (KP) Kabupaten Belu melaksanakan peran aktif dalam meningkatkan perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan pembuatan keripik tomat kepada Desa Fatulotu Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Selain melaksanakan tugas pokok menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi dan bekerjasama bersama Satuan Komando Kewilayahan, Instansi Pemerintah dan Perusahaan Swasta setempat.

Tugas Binter Satnonkowil Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ salah satunya dilaksanakan oleh personel Pos Mahen melalui Bina Usaha bersama warga masyarakat setempat dan Instansi terkait guna mendukung program-program pembangunan Pemerintah Pusat maupun Daerah.

"Mendukung program Bina Usaha Sejahtera dalam pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus bersama Credit Union (CU) merupakan salah satu wujud tugas Binter Satnonkowil yang kami laksanakan di daerah penugasan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

"Kegiatan pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera ini dipimpin langsung oleh Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen bersama 5 orang personelnya serta Tim dari Credit Union (CU) Kantor Pelayanan Kabupaten Belu," papar Dansatgas.

"Kegiatan pelatihan pembuatan keripik bersama Credit Union (CU) dan masyarakat Desa Fatulotu ini bertujuan untuk membantu warga khususnya kaum ibu di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste agar dapat mengolah bahan hasil kebun berupa tomat lahurus menjadi makanan khas daerah Desa Fatulotu," jelas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

Terselenggaranya kegiatan pelatihan bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera dan kaum Ibu dalam pembuatan kripik tomat lahurus tersebut karena tingginya minat dan keinginan mereka dalam merubah kondisi perekonomian saat ini.

"Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, kiranya dapat menambah wawasan pengetahuan saudara-saudara kita tentang manfaat hasil perkebunan agar dapat dibuat menjadi makanan ringan yang memiliki nilai jual sehingga dapat didistribusikan guna meningkatkan perekonomian warga," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (6/2/2020).

Tidak hanya melaksanakan pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus, personel Pos Mahen bersama Tim Credit Union (CU) juga memberikan pengetahuan tentang hasil perkebunan apa saja yang dapat diolah oleh warga Dusun Lahurus Desa Fatulotu Kecamatan Lasiolat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelatihan pembuatan keripik ini bertujuan agar ibu-ibu warga Lahurus lebih aktif dan kreatif lagi.

Sementara itu, Bapak Mus Naihati (38) selaku Pimpinan Credit Union (CU) Lasiolat Kabupaten Belu mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin bersama personel Pos Mahen sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Terima kasih banyak kami ucapkan kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Mahen yang telah peduli dan bersedia memberikan pelatihan kepada kami tentang pengolahan tomat lahurus hingga menjadi makanan ringan dalam bentuk keripik," ucapnya.

"Saya juga berharap agar makanan ringan olahan yang kita buat ini nantinya akan dapat kita pasarkan dan menjadi buah tangan khas dari lahurus," lanjut Bapak Mus Naihati.

Di tempat yang sama, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen menyampaikan tanggapannya atas kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan bersama kaum Ibu dan Tim Credit Union (CU) Lasiolat Kabupaten Belu.

"Kami juga berterima kasih kepada ibu-ibu warga Dusun Lahurus yang sangat antusias untuk mengikuti pelatihan pembuatan keripik ini, selain untuk memperluas pengetahuan kita tentang makanan olahan, diharapkan juga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan sehingga kaum ibu lebih aktif dan kreatif dalam menekuninya," tandas Serka Andrie Gunawan.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI M. NAUDI NURDIKA
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi