Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



26/04/2024 10:12:45

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Halal bihalal ala pendam II/Swj dengan Dinasperkim Sumsel
25/04/2024 14:56
Peringati Hari Kartini, Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Gelar Perlombaan Di SDN 008 Sempahyang
25/04/2024 09:19
Gelar Acara Gala Dinner, Indo Eng Coy Undang Seluruh Dankontingen Satgas Minusca
25/04/2024 08:27
Semarakkan HUT Yonif 143/TWEJ Gelar Festival Sepak Bola U10 & U12 Piala Danyon Cup
25/04/2024 08:22
Jembatan Putus, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak Sekolah Lewat Sungai
24/04/2024 08:37
Peduli Kebersihan, Satgas Yonif 200/BN Bersama Masyarakat Bersihkan Kampung
24/04/2024 08:30
Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel
24/04/2024 07:47
Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak-Anak Sekolah
23/04/2024 08:03
Pos Gabma Bakelalan Menerima Kunjungan Kerja Panglima Brigif 9 Malaysia
23/04/2024 07:58
Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj, PJ. Gubernur Sumsel : Sukses, Kerja Cepat dan Cerdas
23/04/2024 07:51
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

April 2024
MiSnSeRbKmJmSb
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    

LIHAT CARA SATGAS PAMTAS YONIF R 142/KJ JALIN KEDEKATAN BERSAMA MASYARAKAT UNTUK ATASI RASA RINDU KELUARGA SAAT PENUGASAN

Selasa, 28 Januari 2020 (14:11)

Palembang, (Pendam II/Swj)

BELU. yonifraider142.net - Dalam rangka meningkatkan kedekatan bersama warga masyarakat di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ berbagi kebahagiaan dengan bercanda, memberikan pengetahuan tentang pola hidup sehat hingga bemain bersama anak-anak.

Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ dalam mengamankan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan. 

Dalam melaksanakan tugas utama berupa pengamanan wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan bekerjasama dengan Instansi terkait guna membantu kesulitan warga masyarakat di daerah perbatasan. 

Dalam melaksanakan tugas utama berupa pengamanan wilayah perbatasan dan tugas Binter Satnonkowil, terkadang personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dihantui rasa rindu terhadap anggota keluarga mereka yang berada di tempat asal. 

Berbagai cara positif dilakukan untuk menghilangkan rasa-rasa yang menghantui tersebut, mulai dari kegiatan berkebun, beternak, menghubungi keluarga melalui jaringan telekomunikasi yang tersedia, hingga mengajak anak-anak yang berada di sekitar pos untuk bermain bersama dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang perkembangan zaman dan teknologi. 

Personel Pos Silawan Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang berada di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur berinisiatif untuk mengajak anak-anak dalam berbagi kebahagiaan melalui bercanda, bermain bersama dan memberikan pengetahuan agar mereka menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. 

"Semua kegiatan ini merupakan hal-hal positif yang dilakukan oleh personel kami yang berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat untuk menjalin tali silaturahmi, persaudaraan dan kekeluargaan," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas. 

"Sekaligus menghibur diri guna menghilangkan rasa rindu mereka terhadap keluarga yang ditinggalkan di daerah asal," tambahnya. 

"Tidak bisa kita pungkiri, kami manusia biasa dan rasa itu pasti menghantui setiap manusia, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya dengan melakukan hal-hal yang positif dan berguna bagi orang lain," paparnya. 

"Kegiatan di Pos Silawan ini sendiri dipimpin langsung oleh Serda Binsar selaku Wadanpos Silawan bersama 5 orang personel Pos Silawan lainnya serta sekitar 10 orang anak-anak yang berada di Desa Silawan," ungkapnya lebih lanjut. 

"Anak-anak ini biasa bermain di sekitar pos personel kami yang berada di Desa Silawan, sehingga mereka tidak merasa canggung untuk bermain bersama personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ" jelasnya.

"Selain bercanda dan bermain bersama, personel kami di Pos Silawan juga menyisipkan ilmu pengetahuan tentang pola hidup sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti memotong kuku dan mengunting rambut," jelasnya.

"Saya berharap, apa yang diberikan personel kami kepada anak-anak di sekitar Pos Silawan dapat diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari, dan berguna bagi anak-anak tersebut nantinya, karena mereka adalah generesi penerus Bangsa yang akan mengisi kemerdekaan di kemudian hari nanti," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (28/1/2020).

Terlihat suasana senang dan gembira diraut wajah anak-anak tersebut saat bermain bersama personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dan terlihat juga rasa ingin tahu dari wajah mereka saat personel Pos Silawan memberikan pengetahuan tentang pola hidup sehat kepada anak-anak di Desa Silawan.

Disela-sela perbincangan, Luis Berek (7) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Silawan yang membantu memotong kuku dan memberikan pengetahuan tentang menjaga pola hidup sehat kepada mereka. 

"Terima kasih bapak TNI karena sudah bantu dan ajarkan kami memotong kuku, saya senang bapak TNI ada disini, suka bantu kami dan ajak kami bermain dan belajar," ucapnya sambil tersenyum. 

Sementara itu, Mama Maria (43) salah satu orang tua dari salah seorang anak menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian personel Pos Silawan kepada anak-anak mereka, tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga bermain bersama anak-anaknya. 

"Saya mewakili warga masyarakat Desa Silawan mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan banyak bantuan, ilmu pengetahuan, bermain serta kegiatan positif lainnya untuk desa kami, semoga bapak-bapak TNI selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan YME," ungkapnya. 

Ditempat yang sama, Serda Binsar selaku Wadanpos Silawan menyampaikan tanggapannya atas kegiatan yang telah dilakukan bersama anak-anak Desa Silawan.

"Kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan setiap orang, dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri, yang dimulai dari hal-hal kecil seperti kebersihan kuku tangan dan kaki," ucapnya. 

"Bila diri kita ini sehat maka kita dapat melakukan semua aktivitas sehari-hari dengan semangat, tetapi bila kita sakit maka kita tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya, oleh sebab itu kami memberikan pengetahuan kepada anak-anak sekitar pos tentang pola hidup sehat salah satunya dengan menjaga kebersihan kuku," tambahnya. 

Terpisah, Letda Inf Muh. Zandra selaku Danpos Silawan menyampaikan tanggapannya atas kegiatan yang dilakukan personelnya bersama anak-anak yang berada di Desa Silawan. 

"Melalui kegiatan-kegiatan positif seperti ini semoga dapat menepis rasa rindu personel kami terhadap keluarga mereka di daerah asal, anak-anak dan masyarakat Nusa Tenggara Timur adalah saudara kami yang selalu ada saat pelaksanaan penugasan," ungkapnya 

"Membantu mengajar dan bermain bersama adalah cara kami memberikan kegiatan positif kepada anak-anak selaku generasi penerus Bangsa," tandasnya.

Anak-anak adalah generasi penerus Bangsa, mereka aset sumber daya manusia Indonesia yang sangat berharga, memberikan ilmu pengetahuan tentang pola hidup sehat sejak usia dini seperti ini adalah salah satu upaya TNI untuk membantu meningkatkan kualitas Bangsa dan Negara Indonesia.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI M. NAUDI NURDIKA
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi