Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



09/05/2024 03:23:50

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Kebahagiaan Prajurit Satgas Kizi TNI Konga Kumandangkan Adzan Melalui Videocall Di Daerah Misi Atas Kelahiran Puteri Tercinta
08/05/2024 09:50
Darma Bakti TMMD ke-120 Bengkulu Utara, Dandim: Kami Akan Wujudkan Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
08/05/2024 09:33
Satgas Yonif 200/BN Bersama Masyarakat Buka Lahan Kebun Di Kampung Wakolani
08/05/2024 08:36
Pangdam II/Swj : Tidak ada Dusta Diantara Kita, Guyub dan Sejahtera
08/05/2024 08:31
Pangdam II/Sriwijaya Tanda Tangani NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Sumsel
07/05/2024 14:23
Syukuran HUT Ke-78 Persit KCK, Pangdam Ingatkan Peran Istri Prajurit
07/05/2024 13:57
Pangdam II/Swj Pimpin Sertijab Kasdam dan Beberapa Pejabat Kodam
07/05/2024 10:35
Perwira Satgas Kizi TNI Konga Terima TOT Dari Staf Regional Conduct and Discipline Team
07/05/2024 07:53
Ukur Kemampuan Fisik, Kodim 0410/KBL Gelar Garjas Periodik
07/05/2024 07:18
Korem 044/Gapo Gelar Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional Piala Danrem Cup II
06/05/2024 07:33
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

Mei 2024
MiSnSeRbKmJmSb
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

BIOS 44 SOLUSI TINGKATKAN KESUBURAN TANAH

Kamis, 11 Januari 2018 (18:58)

Penrem 044/Gapo,

Tugas pokok Tentara Nasional Indonesia adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Disaat kondisi negara dalam keadaan aman dan tidak dalam ancaman perang, maka TNI akan berperan membantu masyarakat dalam berbagai  bidang kehidupan. Salah satunya di bidang pertanian dimana beberapa waktu lalu ada temuan formula oleh anggota TNI untuk membantu penyuburan tanah sehingga dapat digunakan sebagai lahan pertanian yang cukup produktif. Temuan itu berupa formula BIOS 44 - Bio Struktur (Dekomposer Gambut) yaitu agen hayati pemercepat pembusukan material organik lahan gambut.

Untuk mempersiapkan anggota TNI di wilayah Kodam XVI/Pattimura sebagai agen atau pioner BIOS 44 maka digelar sosialisasi dan pelatihan selama tiga hari (10-12 Januari 2018) bertempat di Kompleks Makorem 151/Binaiya Ambon Maluku. Dengan narasumber disampaikan langsung oleh Ketua Tim Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto mengatakan "Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Bios 44 adalah Bio Struktur (Dekomposer Gambut) merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut. Selain mengatasi kebakaran lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang," jelasnya.

Lanjutnya, mencermati pentingnya kegiatan ini, maka Pranoto sangat menyambut baik kedatangan Tim Sosialisasi yang akan memberikan Sosialisasi BIOS 44 kepada personel Kodam XVI/Pattimura dan Masyarakat.  "Saya berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta mencapai sasaran yang diinginkan. Karena itu, saya minta agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik," tukasnya.

Sosialisasi ini selain dihadiri personel Kodam XVI/Pattimura juga dihadiri kalangan sipil dari Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas ESDM, Dinas Sosial dari Provinsi Maluku, Kota Ambon dan Kabupaten Buru serta kalangan akademisi dari Universitas Pattimura Ambon, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Universitas Darrusalam Ambon, serta Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKPn) Ambon dan FKPPI.

Ketua tim sosialisasi program BIOS 44 Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo saat paparan materi menjelaskan BIOS 44 - Bio Struktur (Dekomposer Gambut) merupakan agen hayati pemercepat pembusukan material organik lahan gambut. "BIOS 44 merupakan gabungan simbiosis mutualisme antar mikroorganisme dan berfungsi untuk mempercepat terjadinya pembusuk materiai organik lahan gambut. Dan juga sekaligus melembabkan serta menutup rongga gambut dengan hifa atau sejenis lendir yang dihasilkan mikroorganisme yang terkandung dalam larutan yang sudah diformulasi," paparnya.

Dijelaskan, BIOS 44 merupakan gabungan mikroorganisme yang mampu memproduksi endospore yang tahan terhadap terhadap lingkungan seperti panas, asam, dan garam, dapat berada dalam lingkungan ekstrim dalam jangka waktu yang lama. Endospore adalah zat yang dibentuk pada saat mikroorganisme stress terhadap asupan makanan, memungkinkan organisme BIOS 44 untuk terus berada di dalam lingkungan sampai kondisi menjadi baik. "Inilah kelebihan utama BIOS 44 yang tidak dimiliki oleh banyak formulasi mikroorganisme pada umumnya," jelas Kunto yang saat ini menjabat sebagai Danrem 044 Gapo Kodam II/Sriwijaya.

Hasil penelitian ungkapnya, menunjukkan mikroorganisme yang terkandung dalam BIOS 44 membentuk proses biodegradasi dengan perantara enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme lain pendukung BIOS 44, yang bersifat biokatalisator dan menghasilkan zat kapur yaitu kalsium karbonat (CaCO3) yang membentuk ikatan kimia antara butiran tanah sehingga mampu meningkatkan pH tanah hingga menjadi normal. Pasca pemberian BIOS pada lahan gambut dilanjutkan kemudian dengan penebaran eceng gondok sebagai agen pupuk hijau serta pereduksi oksigen dari lahan gambut yang selama ini menjadi pendukung terjadinya kebakaran lahan. Setelah oksigen berkurang maka dimasa yang akan datang api tidak akan menjalar meluas (merambat) seperti yang terjadi sebelumnya. Disamping itu eceng gondok yang telah mati akibat kemarau akan berfungsi menjadi pupuk atau penyedia unsur hara pada lahan gambut, "Setelah itu mari kita bertanam kedelai, rakyat makmur, berdaulat pangan," tukasnya.

Cairan BIOS 44 yang sudah ditebar, selama tiga bulan setelah dilakukan penyiraman akan membuat lahan menjadi subur dan bisa ditanami dengan berbagai tanaman, dan saat kemarau lahan gambut telah terkunci dan tidak mudah terbakar.

Lebih lanjut Danrem 044/Gapo membeberkan beberapa lokasi yang telah dilakukan sosialisasi dan praktek penggunaan BIOS 44 antara lain membantu normalisasi air sungai Citarum pada program Citarum Harum yang merupakan program Pangdam III/Siliwangi, kemudian dilakukan juga di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan wilayah Kodam VII/Wirabuana membantu meningkatkan kesuburan lahan perkebunan rakyat serta di bidang peternakan. Selanjutnya di Aceh untuk perkebunan. Di beberapa kawasan di Jawa Barat serta Jawa Tengah juga membantu peningkatan kesuburan lahan pertanian rakyat serta peternakan. Di Pulau Bangka, mereka juga berupaya mengembalikan kesuburan tanah di bekas areal tambang timah. "Hasilnya cukup memuaskan sehingga program penggunaan BIOS 44 ini akan terus kita galakkan di tengah masyarakat sebagai salah satu sumbangsih TNI pada aspek sosial kemasyarakatan," pungkasnya.


 
Profil

 
  PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI M. NAUDI NURDIKA
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI AMINTON MANURUNG, S.I.P.
 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi