Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



18/05/2024 15:50:31

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

"Apel Dansat Jajaran Kodam II/Swj : Danrem 041/Gamas Paparkan Pemasangan Pompa Hidram "
18/05/2024 03:51
Perdana, Penutupan Apel Dansat Tersebar TNI AD di Pemprov Lampung
18/05/2024 03:37
Dukung Ketahanan Pangan, Satgas Puter Enggano Panen Raya Padi Bersama Warga
18/05/2024 03:02
UPACARA BENDERA 17-AN KODAM II/SRIWIJAYA
18/05/2024 02:15
Tingkatkan Pengetahuan Jinakkan BOM, Tim EOD Satgas Kizi TNI Konga Terima Pembekalan dari Engineering Portugal QRF
17/05/2024 07:26
Apel Dansat 2024, Pangdam II/Swj : Swakelola 1.000 rumah lanjutkan Program Kasad ..
17/05/2024 07:12
Mayjen TNI M. Naudi Nurdika : Prajurit Harus Sederhana dan Jangan Arogan..
17/05/2024 06:58
Cek Kemampuan Fisik Anggota, Kodim 0429/Lamtim Selenggarakan Kesemaptaan Jasmani Periodik I TA 2024
16/05/2024 07:53
Berikan Perhatian Untuk Kesehatan Masyarakat, Satgas Yonif 200/BN Buka Pelayanan Kesehatan Di Pos
16/05/2024 07:46
Pangdam II/Sriwijaya Hadiri Rapat Paripurna DPRD Sumsel
16/05/2024 07:38
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

Mei 2024
MiSnSeRbKmJmSb
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

ACARA KORPS DAN TRADISI SERAH TERIMA JABATAN IRDAM II/SWJ, DANREM 041/GAMAS DAN DANREM 045/GAYA; IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PIMPINAN DALAM RANGKA PEMBINAAN ORGANISASI DAN PEMBINAAN KARIER PERSONEL

Jumat, 01 November 2013 (15:28)

Palembang,  (Pendam II/Swj).

 

             Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI Bambang Budi Waluyo memimpin acara Korps Sertijab dan Tradisi jabatan Irdam II/Swj dari Kolonel Inf. M. Bambang Taufik kepada Kolonel Inf. Teguh Pambudi, Danrem 041/Gamas dari Kolonel Inf. Teguh Pambudi kepada Kolonel Inf. Achmad Sudarsono dan Danrem 045/Gaya dari Kolonel Inf. Didied Pramudito kepada Kolonel Inf. Untung Budiharto, Jum’at, 01 November 2013 bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj.

Pergantian pejabat dan mutasi personel di  jajaran TNI Angkatan Darat seperti yang sedang kita laksanakan hari ini merupakan salah satu bentuk implementasi kebijakan pimpinan dalam rangka pembinaan organisasi dan pembinaan karier personel yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan global, lingkungan strategis dan sesuai dengan kebutuhan  organisasi. Di samping itu, pergantian pejabat juga dimaksudkan untuk melengkapi dan memperluas   pengalaman serta menambah wawasan bagi Perwira yang bersangkutan dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya dalam  berkarier  di  lingkungan  TNI  AD.

Inspektorat Kodam II/Swj bertugas melaksanakan  pengawasan  dan pemeriksaan terhadap pelaksanaan kegiatan dan program kerja Kodam II/Swj. Peran ini penting dan strategis sejalan dengan keinginan kita untuk membangun Kodam II/Swj yang bersih, akuntabel dan berwibawa. Kita bertekad untuk terus mencegah terjadinya penyimpangan di berbagai bidang dan fungsi Kodam II/Swj, bahkan pada setiap hasil audit pemeriksaan kita mengharapkan mendapat penilaian dengan kategori Wajar Tanpa Pengecualian. Untuk itu, lakukan pengawasan dan pemeriksaan secara benar, hindari dan berantas budaya kolusi, korupsi dan nepotisme dalam tubuh Kodam II/Swj.

Sebagai satuan kewilayahan di jajaran Kodam II/Swj, Korem 041/Gamas dan Korem 045/Gaya memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI  berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah Provinsi Bengkulu dan Bangka Belitung dari ancaman dan gangguan  terhadap keutuhan Bangsa dan Negara, dalam rangka mendukung  tugas  pokok  Kodam  II/Swj. Oleh karena itu menjadi kewajiban Komandan dan seluruh prajurit jajaran Korem 041/Gamas dan Korem 045/Gaya untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapsiagaan operasional satuan melalui upaya pembinaan satuan secara intensif dan terus menerus  dengan  dilandasi  disiplin  yang  tinggi.

Selain profesionalitas dan kesiapsiagaan sebagai prasyarat pokok bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, dukungan segenap komponen   masyarakat   dan   kerja   sama   antar instansi merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut mengingat bahwa sistem pertahanan yang kita anut adalah Sistem Pertahanan Semesta, dimana TNI sebagai komponen utama sedangkan rakyat dan sumber daya nasional lainnya sebagai komponen cadangan dan komponen  pendukung.             Oleh karena itu komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan semua komponen bangsa yang ada harus terus dibangun dan dipelihara sehingga kondusif bagi penyelenggaraan tugas-tugas bidang pertahanan atau tugas pokok TNI, khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu dan Bangka Belitung.

Lebih lanjut Pangdam II/Swj mengatakan bahwa, sebagai prajurit satuan kewilayahan harus memahami dan mampu  mengimplementasikan Lima Kemampuan Teritorial secara baik dan benar, sehingga pemberdayaan wilayah pertahanan sesuai yang diamanatkan dalam UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI guna mewujudkan pertahanan negara yang tertata dengan baik, kuat dan handal dapat  terwujud. Terkait dengan hal tersebut, setiap aparat kewilayahan harus lebih jeli, cermat, luwes dan kreatif dalam menerapkan lima kemampuan teritorialnya, terutama dalam rangka meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk memelihara situasi yang kondusif bagi kepentingan pembangunan nasional maupun pertahanan negara.

            Upaya peningkatan kesadaran masyarakat dan menjaga keharmonisan sosial serta memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat harus dapat diwujudkan, karena sehebat apapun kemampuan aparat kewilayahan, tanpa   dukungan dan partisipasi dari masyarakat tidak ada artinya. Sebaliknya, bila kesadaran masyarakat mampu tumbuh dengan baik maka kehidupan yang kondusif dengan    sendirinya dapat diwujudkan. Oleh sebab itu, seluruh jajaran Kodam II/Swj harus memiliki kepedulian dan kesadaran untuk selalu berbuat terbaik bagi masyarakat. Dengan cara ini keberadaan aparat kewilayahan akan bisa diterima dan dicintai rakyat.

Berbagai keterbatasan, baik di bidang personel, sarana dan prasarana serta anggaran agar dihadapi dengan pikiran yang positif. Walaupun dalam kondisi keterbatasan, jangan pernah membuat kendor semangat saudara untuk mengabdi  kepada  bangsa  dan  negara  tercinta. Oleh sebab itu kembangkan daya inovasi  dan improvisasi serta kreativitas sehingga mampu menyelesaikan tugas yang diembankan kepada  saudara  dengan  sebaik-baiknya.

Seirama dengan prinsip tersebut, maka hubungan kooperatif dan kolaboratif dengan Pemerintahan Daerah serta semua pihak yang terkait agar lebih diintensifkan, sehingga dari waktu ke waktu kita dapat memperoleh cara pemecahan masalah lebih baik bagi upaya pembenahan dan peningkatan kemampuan organisasi. Saya yakin, dengan landasan optimisme dan kreativitas yang didukung oleh jiwa juang yang tinggi, maka berbagai hambatan tugas yang pada hakekatnya merupakan tantangan tugas dapat diatasi dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Berbagai pemikiran dan harapan yang saya sampaikan tersebut, agar dapat diwujudkan dengan penuh tanggung jawab oleh warga Korem 041/Gamas dan warga Korem 045/Gaya, sehingga tugas-tugas yang diamanatkan kepada kita semua akan dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya atas nama pribadi dan selaku Pangdam II/Swj saya mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Inf. M. Bambang Taufik, Kolonel  Inf. Teguh Pambudi dan Kolonel Inf. Didied Pramudito masing-masing beserta istri, yang telah memimpin dan membina satuannya selama ini. Semoga pengalaman tugas tersebut bermanfaat dalam melanjutkan pengabdian di tempat tugas yang baru. Kepada Kolonel Inf. Achmad Sudarsono dan Kolonel Inf. Untung Budiharto, masing-masing beserta istri saya ucapkan selamat datang dan  selamat  bertugas  di jajaran  Kodam II/Swj.

Hadir pada acara tersebut, Kasdam II/Swj, Para Danrem, Para Perwira Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten dan Dan/Ka Balakdam II/Swj, Ketua beserta Pengurus Persit  KCK  Daerah  II/Swj.


 
Profil

 
  PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI M. NAUDI NURDIKA
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI AMINTON MANURUNG, S.I.P.
 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi