Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



26/04/2024 00:49:57

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Halal bihalal ala pendam II/Swj dengan Dinasperkim Sumsel
25/04/2024 14:56
Peringati Hari Kartini, Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Gelar Perlombaan Di SDN 008 Sempahyang
25/04/2024 09:19
Gelar Acara Gala Dinner, Indo Eng Coy Undang Seluruh Dankontingen Satgas Minusca
25/04/2024 08:27
Semarakkan HUT Yonif 143/TWEJ Gelar Festival Sepak Bola U10 & U12 Piala Danyon Cup
25/04/2024 08:22
Jembatan Putus, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak Sekolah Lewat Sungai
24/04/2024 08:37
Peduli Kebersihan, Satgas Yonif 200/BN Bersama Masyarakat Bersihkan Kampung
24/04/2024 08:30
Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel
24/04/2024 07:47
Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak-Anak Sekolah
23/04/2024 08:03
Pos Gabma Bakelalan Menerima Kunjungan Kerja Panglima Brigif 9 Malaysia
23/04/2024 07:58
Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj, PJ. Gubernur Sumsel : Sukses, Kerja Cepat dan Cerdas
23/04/2024 07:51
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

April 2024
MiSnSeRbKmJmSb
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    

PANGDAM II/SRIWIJAYA BUKA RAKOR RENTINKON KOTAMA OPS TNI KOGABWILHAN I TA.2021

Kamis, 12 Maret 2020 (18:45)

Palembang, (Pendam II/Sriwijaya).

Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Tindakan Kontinjensi (Rentinkon) Kotama Ops TNI Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I TA. 2021 berlangsung di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jend. Sudirman KM 2,5 Kel. 20 Ilir D-3 Kec. Ilir Timur 1 Kota Palembang, Rabu (12/3/2020) pukul 07.30 WIB.

 

Rakor yang mengusung tema, "Kogabwilhan I Selalu Siap Mengatasi dan Merespon Setiap Kemungkinan Kontinjensi Yang Akan Terjadi di Wilayahnya Secara Cepat, Tepat, Efektif dan Efisien", tersebut dibuka oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Rabu (12/3/2020) dan diikuti sekitar 50 orang peserta masing-masing dari Kotama Ops, antara lain ; Kogabwilhan I, Kodam I/Bukit Barisan, Kodam II/Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam XII/Tanjung Pura, Kodam IM, Kodam Jaya, Armada I, Koops AU I dan Kohanudnas.

 

Hadir dalam rakor tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc, M.Tr (Han), Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Staf Ahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj, Danlanal Palembang dan Danlanud SMH Palembang serta Perwira LO TNI AL dan TNI AU Kodam II/Swj.

 

Selaku Narasumber dalam Rakor tersebut, Tim dari MABES TNI yang dipimpin oleh Kolonel Inf Putra Widiastawa, Paban II/Orstra Sops TNI, selaku Ketua Tim beserta 5 orang anggota antara lain ; Kolonel Laut (T) Samsul Bachri, M.Sc, CHRMP (Paban I/Ren Sintel TNI), Kolonel Inf Jayusman, SAP, M.Si (Dansiaplat Gabma Puslat Kodiklat TNI), Kolonel Inf Tri Haksoro (Dosen TNI), Letkol Lau (P) Yudhoko Timuryanto (Pabandya 1 Stratmil Paban II/Orstra Sops TNI) dan Kapten Kav Lukas Budi Setiawan, S.I.P (Pabanda Stratmil Paban II/Orstar Sops TNI).

 

Mengawali sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengucapkan selamat datang kepada Paban II/Orstra Sops TNI, para narasumber, peninjau dan para peserta rakor Rentinkon Kotamaops TNI Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Tahun 2021 di Kodam II/Swj.

 

Pangdam mengatakan bahwa, rakor ini sangatlah penting guna mengetahui sejauh mana antisipasi dan kesiapsiagaan masing-masing Kotamaops TNI dalam merumuskan dan mengaplikasikan rencana tindakan kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi di wilayah tanggung jawab masing-masing serta merumuskan rencana tindakan Kotamaops TNI dalam menghadapi kontinjensi itu sendiri.

 

“Melalui rakor ini juga diharapkan akan terjalin hubungan atau kerja sama antar Kotamaops TNI dalam berkoordinasi untuk saling membantu dalam penyusunan rencana kontinjensi terpilih dan juga sebagai bahan masukan dalam penyusunan Renkon TNI dalam rangka OMP dan OMSP tahun 2021”, kata Pangdam II/Swj.

 

Sementara itu, Asops Panglima TNI dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Paban II/Orstra Sops TNI, Kolonel Inf Putra Widiastawa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pangdam II/Swj dan jajaran yang sudah berkenan menerima delegasi, wewenang yang sebenarnya adalah tanggung jawab TNI sebagai tuan rumah di dalam menyelenggarakan kegiatan Rakor Rentinkon Kotama Ops TNI Kogabwilhan I TA. 2021.

 

Disampaikan bahwa, kedepan potensi ancaman dan gangguan keamanan masih diwarnai oleh beberapa hal seperti permasalahan tentang pelanggaran wilayah perbatasan, kejahatan transinasional, gerakan separatis bersenjata, pemberontakan bersenjata, terorisme dan radikalisme, konflik komunal dan konflik sosial, gangguan terhadap keamanan objek vital nasional yang bersifat strategis, wabah penyakit, gizi buruk, kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh kelalaian manusia dan alat serta bencana alam. “Selain itu meningkatnya suhu politik menjelang Pilkada serentak 2021 juga berpotensi menimbulkan terjadinya konflik sosial yang harus mendapatkan perhatian kita semua”, ungkapnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, mencermati berbagai potensi ancaman dan gangguan keamanan yang dipengaruhi dinamika lingkungan strategis tersebut, maka TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dituntut untuk mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. "Untuk itu, TNI harus memiliki rencana strategis sebagai salah satu wujud 'Kesiapsiagaan TNI' yang harus disiapkan sejak dini untuk mengantisipasi ancaman bersenjata maupun nonmiliter yang diwujudkan dalam bentuk dokumen Rentinkon", terangnya.

 

Rentinkon Kotamaops sebagai salah satu dokumen strategis jangka pendek Kotama yang berisi tentang rencana penggunaan kekuatan unsur-unsur Kotamaops TNI untuk menghadapi kontinjensi di wilayah tanggung jawabnya dimana penyusunan Rentinkon Kotamaops harus terencana, terpadu, komprehensif, dan aplikatif dengan mengutamakan kekuatan yang ada (kekuatan nyata) di Kotamaops tersebut sesuai dengan wilayah tanggung jawabnya, serta dapat melibatkan dan mengintegrasikan kekuatan lain yang ada di wilayah maupun kekuatan terpusat.

 

Dijelaskan juga bahwa, pelaksanaan rakor membahas Rentinkon Tahun 2021 ini merupakan tindak lanjut dari program Mabes TNI dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Kotamaops dalam mengantisipasi kemungkinan kontinjensi di wilayahnya masing-masing dan sebagai sarana koordinasi antar Kotamaops TNI untuk saling bertukar penanganan kontinjensi yang telah direncanakan memerlukan bantuan dari Kotamaops lain maupun Kotamaops terpusat. Selain itu kegiatan rakor ini juga sebagai sarana komando atas untuk mendapatkan bahan masukan dalam penyusunan rencana kontinjensi TNI dalam rangka OMSP tahun 2021.

 

“Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat untuk saling berkoordinasi dan bertukar informasi antar Kotamaops TNI untuk mendapatkan dokumen Rentinkon Kotamaops TNI yang siap operasional dengan melibatkan satuan Kostrad, Kopassus, Kormar, Pushidrosal, Kolinlamil dan Korpaskhas sehingga mencerminkan interoperabilitas yang efektif antar satuan TNI, instansi lain maupun dengan kementrian/lembaga terkait di wilayahnya”, tuturnya.

 

Kegiatan Rakor yang berlangsung selama dua hari ini, juga diisi dengan paparan Rentinkon oleh Asops Kotama, masing-masing dari Kodam I/BB, Kodam II/Swj, Kodam III/Slw, Kodam XII/Tpr, Kodam IM dan Kodam Jaya, Kohanudnas, Kormar dan Koopsau I serta paparan Renlibat Kostrad, Kopasus, Kormar, Pushidrosal, Kolinlamil dan Korpaskhas.

 

-------- o0o --------


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI M. NAUDI NURDIKA
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi