Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"  Manunggal Dengan Rakyat TNI AD Kuat.
Search



30/03/2020 15:15:42

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Pendaftaran Beasiswa PA PK
       Bintara Unggulan & Kowad
       Pendaftaran PA PK kesehatan
 KONTAK
 GALLERY
 KOLOM PENGADUAN
 PENERANGAN PASUKAN
       PENERANGAN PASUKAN
 ARTIKEL
Latest News

PANGDAM II/SWJ HADIRI ACARA PENYERAHAN BANTUAN ALKES DARI GUBERNUR SUMSEL UNTUK RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGANAN COVID-19
27/03/2020 22:36
PERSONEL PENDAM II/SRIWIJAYA LAKUKAN PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI LINGKUNGAN DAN FASILITAS UMUM DI KELURAHAN KAMBOJA
27/03/2020 22:20
JAGA JARAK CEGAH COVID 19
26/03/2020 15:55
PENDAM II/SRIWIJAYA TURUT AMBIL BAGIAN DALAM UPAYA CEGAH PENYEBARAN COVID-19
26/03/2020 14:59
CEGAH PENYEBARAN COVID-19, JAJARAN KODAM II/SRIWIJAYA SERENTAK LAKUKAN PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI LINGKUNGAN PUBLIK
26/03/2020 13:56
KODAM II/SWJ SIAP BANTU PEMERINTAH DAERAH TANGANI PENYEBARAN COVID-19
24/03/2020 20:13
CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA, KODAM II/SRIWIJAYA LAKUKAN PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI LINGKUNGAN MAKODAM II/SWJ
24/03/2020 14:02
SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN MEMINIMALISIR PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN SATUAN JAJARAN KODAM II/SRIWIJAYA
23/03/2020 17:24
PANGDAM II/SRIWIJAYA HADIRI RAPAT KESIAPSIAGAAN PENANGANAN COVID-19 DI GRIYA AGUNG
22/03/2020 16:15
APEL DANSAT, PANGDAM II/SRIWIJAYA GOWES BERSAMA
19/03/2020 17:41
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

Maret 2020
MiSnSeRbKmJmSb
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031    

PERKOKOH KEMANUNGGALAN TNI - RAKYAT, SATGAS PAMTAS YONIF R 142/KJ BERSIHKAN SALURAN IRIGASI BERSAMA MASYARAKAT DELOMIL

Jumat, 07 Februari 2020 (16:34)

Pendam II/Swj

BELU. yonifraider142.net - Dalam rangka memperkokoh kemnunggalan TNI-rakyat di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat melakukan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil Desa Lamaksenunu Kecamatan Lakmanen Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Terlihat personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ bersama warga membawa peralatan kerja, untuk melaksanakan kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil secara bergotong-royong, guna memperlancar aliran air menuju sawah milik masyarakat.

Yang mana selama ini aliran air menuju saluran irigasi sedikit terkendala akibat tertimbun lumpur tanah dan sendimen bebatuan yang disebabkan oleh terbawa derasnya air hujan yang terjadi secara terus-menerus di daerah tersebut.

Selain melaksanakan tugas dan kewajiban dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL,

sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ melaksanakan tugas lain berupa Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) yang dilaksanakan melalui koordinasi dan kerjasama bersama Satuan Komando Kewilayahan dan Instansi terkait di daerah penugasan, sehingga dapat mendukung tugas utama dalam mengamankan wilayah perbatasan secara maksimal.

Sehingga Pos Delomil berinisiatif untuk melaksanakan tugas Binter Satnonkowil melalui kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil bersama masyarakat setempat.

"Kegitan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi tersebut dipimpin oleh Kopda Agus Rubianto bersama 5 orang personel Pos Delomil lainnya," tegas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Karya Bakti yang telah dilaksanakan oleh personelnya yang berada di Pos Delomil bersama masyarakat, Dansatgas meminta agar personel Pos Delomil tetap semangat dan menjaga moril mereka untuk menunjukan dedikasi terbaik di wilayah perbatasan.

"Dengan lancarnya air yang mengalir di saluran irigasi, diharapkan dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari, serta dapat mengairi areal persawahan secara maksimal," papar Dansatgas.

"Karya Bakti yang dilakukan bersama masyarakat tersebut merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap kondisi sosial masyarakat yang ada di sekelilingnya, sehingga kebutuhan warga terhadap air dapat terpenuhi secara maksimal, baik untuk kepentingan sehari-hari maupun untuk mengairi areal persawahan milik warga," terang Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

"Saya selalu berharap agar keberadaan personel kami di tengah-tengah masyarakat perbatasan dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi warga yang ada di sekitar pos mereka," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (7/2/2020).

Sementara itu, Bapak Pitrus Alo (38) salah seorang warga Dusun Delomil mengatakan bahwa saluran irigasi harus dibersihkan secara berkala agar air dapat mengalir dengan lancar menuju areal persawahan, dan selama ini aliran air sering tersumbat akibat tertimbun material batu dan pasir yang terbawa banjir.

"Saya mewakili warga Dusun Delomil mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI, khususnya dari Pos Delomil yang telah mengerakkan warga untuk melaksanakan kegiatan Karya Bakti ini, karena melalui gotong-royong maka pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan," ucap Bapak Pitrus Alo.

Ditempat yang sama, Pratu Agus Rubianto merupakan salah seorang personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang mengikuti kegiatan Karya Bakti tersebut menyampaikan tanggapannya tentang pembersihan saluran irigasi di Dusun Delomil bersama masyarakat.

"Terselenggaranya kegiatan Karya Bakti ini berkat kesadaran dan kepedulian kita akan pentingnya air bagi kehidupan, sarana irigasi ini sangat berguna bagi kehidupan warga di sini khususnya para petani kita," tutur Pratu Agus Rubianto.

Terpisah, Letda Inf Ruri Febri selaku Danpos Delomil menyampaikan tanggapannya atas kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang telah dilaksanakan oleh personelnya bersama masyarakat Dusun Delomil.

"TNI selalu siap membantu masyarakat, apabila kami mendapatkan informasi tentang kondisi permasalahan sosial di lingkungan masyarakat, maka Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ akan selalu siap untuk memberikan bantuan," tandas Letda Inf Ruri Febri.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI IRWAN, S.I.P.,M.Hum.
 

  KASDAM  II/SWJ
BRIGJEN TNI SYAFRIAL, psc, M.Tr (Han)
ZONA INTEGRITAS

 
 
 
 
 

LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Penerangan Pasukan

Suara Sriwijaya


 



 
 

Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi