Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



26/04/2024 00:08:20

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Halal bihalal ala pendam II/Swj dengan Dinasperkim Sumsel
25/04/2024 14:56
Peringati Hari Kartini, Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Gelar Perlombaan Di SDN 008 Sempahyang
25/04/2024 09:19
Gelar Acara Gala Dinner, Indo Eng Coy Undang Seluruh Dankontingen Satgas Minusca
25/04/2024 08:27
Semarakkan HUT Yonif 143/TWEJ Gelar Festival Sepak Bola U10 & U12 Piala Danyon Cup
25/04/2024 08:22
Jembatan Putus, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak Sekolah Lewat Sungai
24/04/2024 08:37
Peduli Kebersihan, Satgas Yonif 200/BN Bersama Masyarakat Bersihkan Kampung
24/04/2024 08:30
Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel
24/04/2024 07:47
Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang, Babinsa Kodim 0406/LL Seberangkan Warga dan Anak-Anak Sekolah
23/04/2024 08:03
Pos Gabma Bakelalan Menerima Kunjungan Kerja Panglima Brigif 9 Malaysia
23/04/2024 07:58
Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj, PJ. Gubernur Sumsel : Sukses, Kerja Cepat dan Cerdas
23/04/2024 07:51
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

April 2024
MiSnSeRbKmJmSb
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    

KODAM II/SWJ GELAR UPACARA HUT INFANTERI KE-71 DI BKB PALEMBANG

Kamis, 19 Desember 2019 (16:47)

Palembang, (Pendam II/Swj).

Kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) yang dilaksanakan setiap menjelang peringatan Hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember, merupakan suatu tradisi bagi prajurit Korps Infanteri untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah yang terjadi di Kota Ambarawa 71 tahun silam, yang dikenal dengan Palagan Ambarawa.

Sebelum melaksanakan Upacara Peringatan Hari Infanteri, dilaksanakan Upacara Pelepasan  Pasukan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (Tonting YWPJ) yang dipimpin oleh Danrindam II/Swj Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos., M.M. Upacara pelepasan ditandai dengan penyerahan Tunggul Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ).

Selesai melaksanakan Upacara Pelepasan di Lapangan Apel Makodam II/Swj Palembang, Kamis (19/12/2019), Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) selanjutnya bergerakan berjalan kaki menuju Kediaman Wali Kota Palembang, Kambang Iwak.

Sampai di kediaman Wali Kota Palembang, Peleton YWPJ melanjutkan perjalan menuju titik akhir di BKB. Namun susunan Peleton YWPJ tampak berbeda, karena dibelakang Peleton YWPJ tampak ratusan Perwira Menengah Korp Infanteri dalam barisan mengikuti jalan kaki sambil menyanyikan lagu Mars Infanteri hingga melalui Kantor Walikota dan Kompleks Benteng Kuto Besak (BKB).

Sekitar Pukul 09.00 WIB, iring-iringan memasuki pintu Benteng dan melaksanakan persiapan mengikuti Upacara Peringatan Hari Infanteri Ke-71 Tahun 2019 di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Kamis (19/12/2019).

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI, Irwan, S.I.P., M. Hum., selaku Inspektur Upacara (Irup), selanjutnya nampak iring-iringan pasukan pembawa lambang-lambang satuan yang diilustrasikan sebagai pasukan BKR/TKR atau pasukan tempo dulu, menghadap Irup untuk mengajak serta melaksanakan tradisi pembelahan kelapa muda diiringi tembakan salvo oleh pasukan tradisionil.

Dengan pakaian dan persenjataan serba sederhana, pasukan Infanteri tempo dulu tersebut menyapa untuk mengingatkan generasi muda akan perjuangan TNI AD di masa lalu. Penampilan dan gerakan pasukan tempo dulu ini sempat memukau hadirin dan tamu undangan yang hadir serta masyarakat yang turut penyaksikan acara tersebut. Mereka tampil sebagai bagian dari upacara Tradisi peringatan HUT Infanteri ke-71, sekaligus penutupan Peleton Beranting 2019.

Hadir pada puncak peringatan Hari Infanteri tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, perwakilan unsur FKPD Provinsi Sumsel dan Kota Palembang, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Veteran, FKPPI, HIPAKAD dan tamu undangan lainnya.

Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Infanteri Ke-71 tahun 201 kali ini adalah, “Bersama Rakyat Infanteri Kuat”. Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri yang tangguh, profesional, modern serta memancarkan semangat untuk senantiasa memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Makna tema tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh Kemanunggalan dengan Rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Dalam rangkaian upacara Hari Infanteri tersebut, juga ditampilkan atraksi para prajurit TNI AD yang tergabung dalam Drumband Canka Sriwijaya Yonarhanud 12/SBP. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara Syukuran dan panggung hiburan prajurit bersama masyarakat.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan mengharapkan, di hari ulang tahun Korp Infanteri Angkatan Darat Ke-71 ini, Infanteri semakin jaya, modern dan lebih dicintai rakyat.

“Upacara ini serentak di seluruh Indonesia, karena sesuai sejarah Infanteri yang diambil dari sejarah Panglima Besar Jendral Sudirman di Yogyakarta pada 19 Desember 1948,” kata Pangdam saat diwawancarai awak media, usai menjadi Inspektur Upacara.

Menurut Jendral Bintang dua ini, makna dari peringatan ini adalah untuk membangkitkan kembali semangat para perjuangan era zaman penjajahan perang gerilya. “Semangat-semangat perjuangan itulah yang ditularkan dan disosialisasikan kepada seluruh prajurit-prajurit Korp Infanteri, khususnya dan TNI AD,” ungkapnya.

Selain membangkitkan semangat prajurit, peringatan tersebut untuk mengevaluasi hal-hal yang selama ini telah dilakukan agar dilakukan dan ditingkatkan pada tugas selanjutnya. Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan, untuk perlengkapan dan peralatan senjata setiap tahun ada perbaikan yang sesuai alutsista yang di buat sesuai modernisasi jangka panjang, pendek dan menengah.

“Khusus untuk Korp Infanteri, sudah sesuai dengan program Alutsista yang dibuat, sedangkan untuk Kodam II Sriwijaya pengadaan Alutsistanya sama, karena terpusat di TNI AD untuk didistribusikan ke satuan Infanteri wilayah Kodam II Sriwijaya,” pungkasnya.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI M. NAUDI NURDIKA
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi