Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



20/04/2024 02:56:38

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Satgas Kizi TNI Konga Bantu Proses Maintenance Helikopter Pakistan Aviation
19/04/2024 11:21
Muratara dilanda banjir, Kodim 0406/LL Tinjau Langsung Dan Beri Bantuan Makanan Kepada Korban Banjir
19/04/2024 11:12
Terima Tongkat Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Naudi...Payo..!
19/04/2024 08:29
Nobar Siksa Dalam Kubur, Cara Unik Pangdam II/Swj Tingkatkan Keimanan...
19/04/2024 06:15
Lestarikan Pesisir Pantai, Satgas Pam Puter Enggano Laksanakan Pembibitan Pohon Mangrove
18/04/2024 13:21
Pamit Ke Jajaran, Pangdam II/Swj : Hati-Hati...Medsos Kritik...!
18/04/2024 10:12
Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Ikut Rayakan "Cambodian EOD Khmer New Year"
18/04/2024 07:10
Satgas Yonif 200/BN Bersihkan Kampung Bersama Warga Wakolani
17/04/2024 07:59
Lagi Dan Lagi! Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Berhasil Gagalkan Penyelundupan Ratusan Miras Ilegal Dari Malaysia
17/04/2024 07:43
Peringati HUTnya Ke-66, Yonif 143/TWEJ Adakan Ziarah Ke TMP
16/04/2024 13:29
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

April 2024
MiSnSeRbKmJmSb
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    

KOLONE SENAPAN DAN DEMONSTRASI BELADIRI PRAJURIT SRIWIJAYA WARNAI PUNCAK PERINGATAN HUT KE-74 TNI DI JASDAM II/SWJ

Sabtu, 05 Oktober 2019 (19:48)

Palembang, Pendam II/Sriwijaya.



Peringatan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 yang dipusatkan di Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) Markas Jasdam II/Sriwijaya KM. 9 Palembang, Sabtu (5/10/2019) berlangsung sederhana namun khidmat. Puncak peringatan HUT TNI kali ini diwarnai dengan pertunjukan Kolone Senapan dan demonstrasi Beladiri ratusan Prajurit Sriwijaya.

Selain diikuti ribuan peserta upacara yang terdiri dari personel TNI, Polri, PNS, mahasiswa Akper Kesdam II/Swj, FKPPI, PPM, HIPAKAD, Pelajar dan Pramuka, juga ditampilkan sejumlah Alutsista yang dimiliki ketiga angkatan, baik TNI AD, TNI AL maupun TNI AU, antara lain : Kendaraan Kawal POM TNI, Meriam 105 Armed, Meriam 57 Arhanud, Meriam 60 Arhanud, Kapal Motor Cepat (KMC), Senhub, Tarantula, ANOA, APR, Kendaraan PJD, Jihandak dan lain sebagainya.

Hadir dalam Upacara peringatan HUT TNI kali ini, Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta unsur FKPD, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Ketua DPRD Sumsel, Kajati Sumsel, FKPD Kota Palembang, para Veteran dan Warakawuri, Ketua dan Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah B beserta pengurus dan anggota, para pejabat TNI dan Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tamu undangan dan komponen masyarakat lainnya.

Upacara peringatan HUT Ke-74 TNI kali ini ditandai dengan penghormatan kepada lambang-lambang satuan, Pengucapan Sapta Marga dari ketiga angkatan, penerimaan Penghargaan Negara Satya Lencana Kesetiaan (SLK) XXIV tahun, SLK XVI tahun dan SLK VIII tahun kepada perwakilan prajurit dari tiga matra yakni, TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta pembacaan amanat Panglima TNI oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., selaku Inspektur Upacara (Irup).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangdam II/Swj, menyampaikan rasa bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara. 

“Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”, ungkapnya.

Dijelaskan juga bahwa, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya.

“Menghadapi kompleksitas ancaman tersebut, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI”, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa. Untuk itu, saya akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas, untuk dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut ; _*Pertama*_, Perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri. _*Kedua*_, Tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. _*Ketiga*_, Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks. _*Keempat*_, Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif. _*Kelima*_, Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini. 

Usai upacara perayaan HUT TNI ditampilkan pertunjukan Kolone Senapan yang dimainkan ratusan prajurit TNI dari Batalyin Infanteri Raider 200/Bhakti Negara. Tidak sampai disitu, aksi prajurit TNI ini berlanjut dengan demonstrasi beladiri gabungan Yong Moo Do, Karate dan Pencak Silat yang melibatkan ratusan prajurit satuan tempur dan satuan bantuan tempur jajaran Kodam II/Swj, serta atraksi pemecahan tumpukan batu dan balok es.

Pertunjukan Kolone Senapan dan demonstrasi Beladiri yang ditampilkan oleh ratusan Prajurit Sriwijaya ini dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan semangat kejuangan para prajurit TNI serta diharapkan mampu mentauladani semangat kepahlawanan yang terkenal kegigihan, berkepribadian dan semangat juang yang tidak kenal menyerah. Selain itu, juga ditampilkan defile prajurit TNI dari tiga matra, TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta rangkaian kendaraan beserta Alutsistanya.

Tidak hanya itu, kemeriahan HUT Ke-74 TNI ini juga diisi dengan Panggung Hiburan prajurit yang menampilkan artis Palembang serta syukuran dan pemotongan tumpeng oleh Pangdam II/Swj, Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Sumsel dan Kajati Provinsi Sumsel.

Disela acara panggung hiburan prajurit, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan bahwa, TNI selalu dan menerima kritik dan saran dari berbagai pihak untuk menuju Profesional dan dicintai rakyat. “Ini harus terus kita kembangkan”, ungkap Pangdam.

“Silahkan sampaikan kepada kami apa yang menjadi kekurangan TNI, dengan itu kami bisa mengintrospeksi diri, kepada Seluruh jajaran Kodam II Sriwijaya jangan enggan dikritik karena itu rambu kita untuk melakukan yang terbaik:, imbuhnya.

Pangdam mengatakan, TNI selalu berbuat yang terbaik dalam menjalankan tugas menjaga NKRI. Kita berharap setiap tahun Prajurit selalu ada peningkatan dalam prestasi baik secara individu maupun secara kesatuan", ujarnya.

Untuk diketahui, Upacara peringatan HUT Ke-74 TNI kali ini, juga dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam II/Sriwijaya yang berada di luar Garnizun Palembang, seperti Korem 041/Gamas Bengkulu, Korem 042/Gapu Jambi, Korem 043/Gatam Lampung dan Korem 045/Gaya Bangka.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI YANUAR ADIL
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi