Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



29/03/2024 09:41:14

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Pastikan Pekerjaan Berjalan Lancar, Dansatgas Kizi TNI Konga Cek Langsung Progress Pembuatan Drainase
28/03/2024 14:52
Hidup Sebatang Kara, Satgas Pam Puter Enggano Sambangi Nenek Rokaya
28/03/2024 12:11
Pastikan Program Kasad Tepat Waktu, Aslog Kasdam II/Swj Cek Swakelola Rumah Prajurit
28/03/2024 07:37
Peduli Masyarakat, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif 200/BN Di Bolakme
28/03/2024 07:28
Beri Rasa Aman, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Situasi Pasar
27/03/2024 07:45
Kunjungi Korem 044/Gapo, Ketua PWI Jalin Sinergi Dengan Danrem 044/Gapo
27/03/2024 07:38
Wujudkan Generasi Sehat, Satgas Pamtas Yonrhanud 12/SBP Sosialisasi Pencegahan Stunting
27/03/2024 07:08
Safari Ramadhan, Pangdam II/Swj Buka Puasa dan Tarawih di Korem 042/Gapu
27/03/2024 03:23
Peduli Sesama, Kodim 0416/Bute Bagi-Bagi Takjil Di Bulan Ramadhan
26/03/2024 09:33
'Macak', Metode Kodim 0405/Lahat Bersama Pemda Lahat Untuk Tekan Inflasi
26/03/2024 09:24
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

Maret 2024
MiSnSeRbKmJmSb
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      

TRANSFORMASI DAN MODERNISASI ALUTSISTA

Kamis, 19 Desember 2013 (16:39)

Palembang,  (Pendam II/Swj).

 

            Tumbuh dan berkembangnya kekuatan satuan-satuan Infanteri tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa. Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa menghadapi agresi militer Belanda  kedua, tanggal 19 Desember 1948. Diawali dengan dikeluarkannya Perintah Kilat Panglima Besar Jenderal Sudirman yang memerintahkan seluruh angkatan perang untuk meleburkan diri dalam satuan gerilya, untuk melawan penjajah.

            Peristiwa yang penuh nilai heroisme dan sarat jiwa pengabdian dengan militansi yang     tinggi, mencerminkan potret perjuangan tanpa akhir, tidak kenal menyerah dan kerelaan    berkorban demi kepentingan Bangsa dan Negara. Nilai-nilai perjuangan bangsa tersebut menjadi hal mendasar yang terlestarikan. Sehingga ditetapkannya hari tersebut menjadi  “Hari Infanteri” yang sampai saat ini telah memasuki  usia  ke 65 Tahun. Perjalanan panjang pengabdian satuan-satuan Infanteri, tentunya tidak terlepas dari kerja keras dan pengabdian para pendahulu dan senior yang telah meletakan dasar-dasar pembinaan satuan infanteri, sehingga kualitas satuan dan prajurit-prajurit Infanteri terus meningkat dan berkembang mencapai kemajuan seperti saat ini.

            Selain itu, momentum peringatan Hari Infanteri ini, hendaknya dijadikan sebagai wahana untuk melakukan introspeksi dan mawas diri terhadap kualitas pelaksanaan tugas prajurit dan satuan Infanteri dimanapun berada. Kita pahami bersama berbagai potret fenomena kejadian mengemuka yang dilakukan oleh oknum prajurit Infanteri dewasa ini, bersifat extraordinary      yang merupakan cerminan kualitas pembinaan satuan Infanteri yang tidak adaptif,  implementasi jiwa korsa yang tidak tepat, lemahnya harmonisasi hubungan pemimpin dengan yang dipimpin serta abai terhadap disiplin tempur.  Merespon dan menyikapi fenomena tersebut tentunya perlu komitmen dan berbagai upaya kolektif yang juga harus bersifat extraordinary, untuk dapat melahirkan pemikiran-pemikiran cerdas dan bijak, agar akurasi keputusan yang diambil oleh para komandan satuan Infanteri dapat dilakukan dengan cepat, tuntas dan menyeluruh serta menyentuh substansinya. Sehingga dampak resikonya dapat diminimalisasi secara optimal. Saatnya untuk terus melakukan perubahan pola pembinaan satuan yang adaptif, menjadikan tekad bersama untuk diwujudkan, hari esok prajurit   dan  satuan   Infanteri  lebih baik lagi.

            Lebih lanjut Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri mengatakan, tantangan tugas kedepan akan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karakteristik bentuk ancaman di abad ke 21, yang mengedepankan teknologi modern. Respon dalam menyikapi hal tersebut, sejalan dengan kebijakan Pimpinan TNI AD terhadap transformasi dan modernisasi Alutsista, yang telah direalisasikan secara bertahap. Keberadaan satuan-satuan Infanteri yang dilengkapi dengan Alutsista dan perlengkapan tempur yang modern. Transformasi dan modernisasi tersebut memberikan semangat baru untuk terus melakukan berbagai perubahan dengan; merevisi, mereaktualisasi, mereorganisasi dan meredefinisi Doktrin, Strategi dan Taktik Bertempur, untuk mampu mengimbangi pola pertempuran modern kedepan. Fenomena tersebut tentunya menuntut kehadiran prajurit dan satuan-satuan Infanteri yang berkualitas dan modern, memiliki mentalitas baja dan berkarakter pejuang. Ingat, sebagai insan prajurit sejati, tugas adalah kehormatan, tugas berat tapi mulia, itulah karakter yang harus tetap terpelihara dan tertanam pada setiap dada prajurit Infanteri dimanapun berada dan bertugas.

            Berbagai ilustrasi yang dikemukakan, sejalan dengan tema Hari ke 65 Infanteri, yakni : “ Dengan semangat Juang, Pengabdian dan Profesionalisme yang tinggi, prajurit Infanteri bersama seluruh komponen bangsa lainnya siap mendukung Tugas Pokok  TNI AD” Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi profesional, modern dan militan, sebagai petarung yang handal dalam pertempuran. Makna tema tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan Rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya.

            Saya berharap tema tersebut tentunya tidak hanya dijadikan sebagai selogan             belaka, namun mari kita luruskan niat dan mantapkan ikhtiar menjadi komitmen bersama, untuk benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan secara cerdas dan bijak, melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten, sesuai dengan peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD.

            Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri atas nama seluruh prajurit dan satuan Infanteri, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat Organisasi Masyarakat, Media Massa dan segenap komponen bangsa, atas dukungan dan kerjasamanya dengan satuan-satuan Infanteri, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan berharap hubungan harmonis yang telah terjalin selama ini, dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan dimasa yang akan datang, untuk bersama membangun dan menjaga Negeri yang kita cintai bersama. Kontribusi terbaik yang diberikan, merupakan wujud kesetiaan dan Dharma Bhakti kita kepada TNI AD yang kita banggakan bersama. “ Dirgahayu Hari Infanteri “

            Demikian Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Mayjen TNI I Made Agra Sudiantara dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo pada upacara Hari Infanteri Tahun 2013, Kamis, 19 Desember 2013, bertempat di lapangan apel Makorem 042/Gapu.

            Hadir pada upacara tersebut, Gubernur Jambi, Para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Danrindam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj, Walikota jambi, Para sesepuh TNI serta KBT Jambi.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI YANUAR ADIL
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi