Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"
Search



28/03/2024 23:42:39

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
       Perintah Harian Kasad
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran Pejabat
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
       Tugas Pokok Kodam II/Swj
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 PENERANGAN PASUKAN
 KOLOM PENGADUAN
 ZONA INTEGRITAS
 PPID
       PPID MENU
Latest News

Pastikan Pekerjaan Berjalan Lancar, Dansatgas Kizi TNI Konga Cek Langsung Progress Pembuatan Drainase
28/03/2024 14:52
Hidup Sebatang Kara, Satgas Pam Puter Enggano Sambangi Nenek Rokaya
28/03/2024 12:11
Pastikan Program Kasad Tepat Waktu, Aslog Kasdam II/Swj Cek Swakelola Rumah Prajurit
28/03/2024 07:37
Peduli Masyarakat, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif 200/BN Di Bolakme
28/03/2024 07:28
Beri Rasa Aman, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Situasi Pasar
27/03/2024 07:45
Kunjungi Korem 044/Gapo, Ketua PWI Jalin Sinergi Dengan Danrem 044/Gapo
27/03/2024 07:38
Wujudkan Generasi Sehat, Satgas Pamtas Yonrhanud 12/SBP Sosialisasi Pencegahan Stunting
27/03/2024 07:08
Safari Ramadhan, Pangdam II/Swj Buka Puasa dan Tarawih di Korem 042/Gapu
27/03/2024 03:23
Peduli Sesama, Kodim 0416/Bute Bagi-Bagi Takjil Di Bulan Ramadhan
26/03/2024 09:33
'Macak', Metode Kodim 0405/Lahat Bersama Pemda Lahat Untuk Tekan Inflasi
26/03/2024 09:24
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

Maret 2024
MiSnSeRbKmJmSb
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      

PEMBERANGKATAN PERTAMA SATGAS OPS PAMTAS DARAT RI-MALAYSIA DI WILAYAH KALIMANTAN BARAT YONIF 143/TWEJ TA. 2013

Senin, 25 November 2013 (15:46)

Palembang,(Pendam II/Swj).

 Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo yang diwakili oleh Wakapolda Lampung Kombes Pol Drs. Winarno, SH., M.M., melepas pemberangkatan pertama Satgas Ops Pamtas Darat RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat Yonif 143/TWEJ, Senin, 25 November 2013, bertempat di Lampung.

Pangdam II/Swj dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolda Lampung mengatakan bahwa, Kodam II/Swj untuk kesekian kalinya mendapatkan kepercayaan dari pimpinan TNI untuk melaksanakan tugas operasi di daerah perbatasan. Dalam kehidupan militer, tugas operasi dimaknai sebagai suatu kebanggaan dan kehormatan. Oleh karena itu, personel yang tergabung     dalam Satgas Ops harus disiplin, memiliki semangat pengabdian dan rela berkorban tanpa pamrih. Dalam menghadapi  tugas ini, kewajiban kita sebagai prajurit tidak lain adalah melaksanakan tugas yang diembankan tersebut  dengan penuh semangat, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang  tinggi.

 Dengan berbekal kemampuan dan keterampilan serta pengabdian yang tulus sebagai prajurit profesional, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan tersebut, saya yakin akan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kita ketahui bersama bahwa Provinsi  Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, masih menghadapi berbagai permasalahan dan ancaman. Beberapa permasalahan menonjol di wilayah perbatasan yang perlu diwaspadai oleh prajurit Satgas Ops Pamtas Darat RI-Malaysia antara lain adalah aktivitas berbagai kegiatan illegal seperti illegal logging, illegal minning, human trafficking, pelintas batas dan kriminalitas seperti penyelundupan Narkoba, yang kerap memanfaatkan celah yang ada di wilayah perbatasan.

             Mencermati situasi tersebut, saya perintahkan setibanya di daerah operasi agar segera     melakukan adaptasi dengan lingkungan di mana ditempatkan. Pahami situasi dan kondisi wilayah perbatasan Republik Indonesia-Malaysia dengan berbagai permasalahan dan ancaman yang mungkin timbul. Lakukan analisa situasi dengan cepat, tepat dan akurat agar terhindar dari kesalahan dalam setiap pengambilan keputusan. Setiap terjadi permasalahan, adakan komunikasi dan koordinasi dengan Tentara Diraja Malaysia yang bertugas di perbatasan, untuk menghindari terjadinya salah paham dan mencegah terjadinya provokasi yang dapat merugikan kedua negara.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan bahwa, Aplikasikan 8 Wajib TNI dengan sungguh- sungguh, taati dan ikuti semua petunjuk maupun perintah atasan serta protap-protap yang berlaku sehingga dapat melaksanakan tugas sesuai dengan harapan. Pahami tugas dan tanggung jawab masing-masing perorangan agar tidak ragu-ragu dalam bertindak. Jaga dan hindarkan diri dari    perbuatan yang melanggar hukum, asusila maupun norma-norma yang berlaku termasuk adat-istiadat masyarakat setempat, apalagi yang berkaitan dengan pelanggaran HAM. Setiap pelanggaran yang terjadi, akan memojokkan posisi TNI di mata masyarakat dan dunia Internasional. HAM bukanlah hal yang untuk ditakuti, tetapi wajib untuk ditaati dan dihormati. Jangan ragu-ragu dalam bertindak bila semua prosedur telah dilakukan dengan benar.   

Saat ini, salah satu Batalyon Kodam II/Swj yang bertugas di Kalimantan Timur yaitu    Batalyon Infanteri 141/AYJP telah mengukir prestasi yang membanggakan, yaitu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkoba jenis sabu-sabu dari Tawau Malaysia seberat total 4, 25 kg yang bernilai lebih dari 9 Miliar Rupiah. Keberhasilan ini tidak saja membanggakan bagi Kodam II/Swj, tetapi juga bagi TNI Angkatan Darat dan TNI secara keseluruhan. Keberhasilan tersebut hendaknya dapat menjadi pemacu semangat dan motivasi kita semua untuk selalu berbuat yang terbaik demi bangsa dan negara. Jadikan pengalaman dan ambil hikmah dari satuan-satuan yang pernah berangkat ke daerah penugasan, baik keberhasilan maupun kekurangan selama pelaksanaan tugas operasi tersebut, sebagai bahan evaluasi bagi satuan selama Satgas ini berada  di  daerah  penugasan.  Hal tersebut  perlu dilakukan sebagai bentuk konsistensi dan komitmen kita untuk menjadikan Kodam II/Swj   sebagai institusi yang diawaki oleh personel-personel yang sadar hukum, punya dedikasi, disiplin, memiliki loyalitas dan berani menegakkan aturan apapun resikonya.

Tunaikanlah tugas negara ini dengan   penuh keyakinan dan konsentrasikan perhatian pada tugas-tugas yang akan segera dijalani. Jangan pernah ragu, karena pada hakikatnya tugas yang kita laksanakan ini adalah ibadah dalam melaksanakan amanah demi mempertahankan martabat bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini. Untuk itu, pelihara kesehatan fisik jasmani dan tingkatkan terus kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Yang Maha Esa dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan cara memperbanyak kegiatan ibadah sesuai agama masing-masing.

Akhirnya, atas nama pribadi dan selaku Pangdam II/Swj, saya mengucapkan selamat bertugas dan semoga sukses dalam melaksanakan tugas mulia ini. Do'a kami beserta seluruh keluarga besar Kodam II/Swj menyertai langkah dan pengabdian  kalian. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua, dalam memberikan pengabdian yang terbaik kepada  bangsa dan negara tercinta.

Hadir pada acara tersebut, Danrem 043/Gatam, Para Pejabat Kodam II/Swj, Para Dan/Ka Balakadam II/Swj, Ketua beserta pengurus Persit KCK Koorcab Korem 043 Gatam.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI YANUAR ADIL
 
 
KASDAM II/SWJ
BRIGJEN TNI RUSLAN EFFENDY,
S.I.P.

 
PPID

 

 


Penerangan Pasukan

ZONA INTEGRITAS

 
 
 VIDEO ZONA INTEGRITAS
 

 PAPARAN ZONA INTEGRITAS
 
 
 
 
 
 
video

 

 

 
SEMINAR TNI AD VI TAHUN 2022 
 
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi